Siapkan RSUD Tongas Sebagai Rumah Sakit Rujukan COVID-19

Reporter : Syamsul Akbar

TONGAS – Sebagai bentuk antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menyiapkan RSUD Tongas sebagai rumah sakit rujukan COVID-19 di Kabupaten Probolinggo.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto, Senin (23/3/2020).

Menurut Anang, RSUD Tongas dipilih sebagai rumah sakit rujukan COVID-19 ini merupakan suatu pemikiran dari Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dengan melihat perkembangan kasus yang ada.

“Ibu Bupati menginginkan adanya suatu pelayanan yang terpusat. Karena kalau sudah terpusat, dari kapasitas akan terukur, tenaga terukur, anggaran terukur, resiko untuk para pelaku dan masyarakat bisa dikalkulasi,” katanya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo ini, Bupati Probolinggo berfikir kalau membuat rumah sakit langsung tentunya biaya tidak memungkinkan. Padahal Kabupaten Probolinggo mempunyai layanan yang ada di RSUD Tongas yang bisa dioptimalkan dan kunjungannya tidak terlalu signifikan.

“Kita bisa geser ke layanan-layanan rumah sakit yang ada. Saya pikir ini adalah untuk yang pertama kali kabupaten di Jawa Timur yang melakukan tindakan seperti ini sebagai upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19,” pungkasnya. (wan)

Artikel ini telah tayang di https://probolinggokab.go.id dengan judul : Siapkan RSUD Tongas Sebagai Rumah Sakit Rujukan COVID-19, https://probolinggokab.go.id/v4/siapkan-rsud-tongas-sebagai-rumah-sakit-rujukan-covid-19/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *