Puskesmas Pajarakan Bentuk Forum Masyarakat Peduli Imunisasi

Reporter : Syamsul Akbar

PAJARAKAN – Demi terciptanya komitmen bersama lintas program dan lintas sektor untuk menyukseskan dan meningkatkan cakupan imunisasi tahun 2019, Puskesmas Pajarakan membentuk Forum Masyarakat Peduli Imunisasi.

Pembentukan ini diawali dengan pertemuan Forum Masyarakat Peduli Imunisasi di ruang pertemuan Puskesmas Pajarakan, Kamis (5/12/2019). Pertemuan ini diikuti oleh 25 orang peserta terdiri dari kader posyandu, ibu balita, Tim Penggerak PKK Desa dan tokoh masyarakat di Kecamatan Pajarakan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Pajarakan Munaris dan jajaran Forkopimka Pajarakan (Polsek dan Koramil), Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo Darsa didampingi oleh Puskesmas Pajarakan dr. Syaiful Bahri.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen Forum Masyarakat Peduli Imunisasi di wilayah kerja Puskesmas Pajarakan oleh Camat Pajarakan Munaris dan Forkopimka serta lintas program dan lintas sektor yang ada di wilayah Kecamatan Pajarakan.

Kepala Puskesmas Pajarakan dr. Syaiful Bahri mengungkapkan penyelenggaraan program imunisasi di Puskesmas Pajarakan merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat Kecamatan Pajarakan pada umumnya dengan menurunkan angka kejadian PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) yang dapat menyebabkan kematian pada bayi dan balita.

“Cakupan imunisasi harus dipertahankan tinggi dan merata di seluruh wilayah. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan terjadinya daerah kantong yang akan mempermudah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB). Masalah lain yang harus dihadapi adalah munculnya kembali PD3I yang sebelumnya telah berhasil ditekan,” ungkapnya.

Menurut Syaiful, seluruh kegiatan diselenggarakan dengan visi Puskesmas Pajarakan yaitu terwujudnya kemandirian masyarakat Pajarakan untuk hidup sehat dan misi Puskesmas Pajarakan yaitu mendorong pemberdayaan masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau serta meningkatkan kemampuan dalam penanggulangan masalah kesehatan.

“Latar belakang kegiatan ini adalah cakupan desa UCI (Universal Child Immuzation) di Puskesmas Pajarakan rendah 2 dari 12 desa UCI, masih banyaknya penolakan dari keluarga balita terhadap pemberian imunisasi, banyaknya isu-isu yang negatif tentang imunisasi, adanya resistensi dalam pemberian imunisasi serta kurangnya dukungan dari lintas sektor dalam upaya pencapaian desa UCI,” jelasnya.

Sementara Camat Pajarakan Munaris mengaku bahwa Forkopimka Pajarakan sangat mendukung pembentukan Forum Masyarakat Peduli Imunisasi Kecamatan Pajarakan, karena bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan cakupan imunisasi di Kecamatan Pajarakan yang sampai bulan Oktober tahun 2019 masih belum mencapai target.

“Dengan Forum Masyarakat Peduli Imunisasi diharapkan bisa mendorong semua pihak utamanya kepala desa dan tokoh masyarakat yang ada di desa untuk lebih aktif berkomunikasi dengan masyarakat, khususnya yang belum memiliki kesadaran tentang pentingnya imunisasi,” harapnya. (wan)

Artikel ini telah tayang di https://probolinggokab.go.id dengan judul : Puskesmas Pajarakan Bentuk Forum Masyarakat Peduli Imunisasi,https://probolinggokab.go.id/v4/puskesmas-pajarakan-bentuk-forum-masyarakat-peduli-imunisasi/ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *