Germas Puskesmas Krejengan

Reporter : Syamsul Akbar

KREJENGAN – Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat, Puskesmas Krejengan menggelar Gebyar Germas di Lapangan Krejengan, Sabtu (24/8/2019).

Kegiatan Germas dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan tentang pentingnya melakukan aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur serta pemeriksaan kesehatan secara berkala. Kemudian dilanjutkan dengan jalan sehat, senam masal, senam yel yel CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) serta Rumpi Germas dan Senam Oleh Karyawan Puskesmas Krejengan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen dukungan gerakan masyarakat hidup sehat serta pembagian buah-buahan kepada pengunjung dan makan buah bersama.

Gebyar Germas ini diikuti oleh lintas sektor, semua instasnsi, Kepala Desa beserta perangkat desa dan ibu-ibu Tim Penggerak PKK, anak-anak sekolah serta masyarakat umum di Kecamatan Krejengan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Krejengan Ponirin dan jajaran Forkopimka Krejengan, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo Zainuddin, Kepala Puskesmas dr. Moh. Erfan Kafiluddin serta segenap lintas sektor di Kecamatan Krejengan.

Kepala Puskesmas Krejengan dr. Moh. Erfan Kafiluddin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. “Serta meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat serta mengurangi beban biaya kesehatan,” katanya.

Menurut Erfan, dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah, menurunnya produktivitas masyarakat, menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

“Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa. Untuk itu Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik,” tegasnya.

Sementara Camat Krejengan Ponirin mengungkapkan pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

“Saat ini, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain,” ujarnya.

Ponirin mengharapkan agar melalui kegiatan Gebyar Germas ini masyarakat memiliki kesadaran untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan membiasakan diri untuk selalu melakukan aktivitas fisik serta makan buah dan sayur demi menjaga kesehatan tubuh. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya. (wan)

Artikel ini telah tayang di https://probolinggokab.go.id dengan judul : Germas Sarana Tingkatkan Kesadaran PHBS, https://probolinggokab.go.id/v4/germas-sarana-tingkatkan-kesadaran-phbs/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *