Dinkes Gelar Pelatihan Untuk Pelatih Emo Demo Tema-4

Reporter : Syamsul Akbar –

PAJARAKAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan GAIN Indonesia mengadakan pelatihan untuk pelatih Emo Demo Tema-4 di STIKes Hafshawaty Zainul Hasan Genggong Kecamatan Pajarakan, Senin hingga Rabu (24-26/6/2019).

Pelatihan ini diikuti oleh 262 orang peserta yang terdiri dari unsur Bidan Koordinator, Gizi Puskemas, Promkes dan Bidan Desa. Sebagai narasumber hadir sebanyak 18 orang dari Alumnus MOT EMO DEMO Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2013 Tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi untuk prioritas perbaikan gizi pada seribu hari pertama kehidupan (Gerakan 1000 HPK) telah menetapkan empat strategi utamanya.

“Meliputi, menjadikan perbaikan gizi sebagai arus utama pembangunan, peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia di semua sektor, peningkatan intervensi berbasis bukti yang efektif serta peningkatan partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Dalam upaya mendukung Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi dalam Rangka 1000 Hari Pertama Kehidupan Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) melalui dana Pemerintah Kerajaan Belanda bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI telah melaksanakan projek Baduta 2.0 di Provinsi Jawa Timur.

“Salah satu implementasi kegiatan adalah Emo Demo yang merupakan metodologi perubahan perilaku yang inovatif dengan pesan-pesan untuk mendukung gerakan 1.000 Hari Pertama Kehidupan pada Program Baduta 2.0,” jelasnya.

Menurut Anang, untuk perluasan implementasi Metodologi Emo Demo maka diperlukan Training of Trainer (ToT) untuk mendapatkan sumber daya yang akan melakukan pelatihan kepada kader posyandu dan melakukan pendampingan implementasi di tingkat posyandu di Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk tersedianya fasilitator yang mampu melaksanakan dengan baik pelatihan Emo Demo untuk kader posyandu dalam pelaksanaan program Baduta 2.0 di wilayah intervensi GAIN Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Dengan adanya kegiatan ini Anang mengharapkan akan ada pendalaman serta penyamaan persepsi tentang modul pelatihan Emo Demo Tema-4 yang terdiri dari ditarik dari segala arah, harapan ibu dan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

“Selain itu, tersedianya tim fasilitator yang akan memfasilitasi kegiatan pelatihan untuk kader di 120 desa wilayah kecamatan intervensi GAIN di Kabupaten Probolinggo. Fasilitator dapat melaksanakan merencanakan dan melaksanakan pelatihan untuk kader. Menyepakati agenda dan pembagian peran, wilayah dan tugas masing-masing fasilitator untuk pelaksanaan pelatihan kader di wilayah intervensi GAIN,” harapnya. (wan)

Artikel ini telah tayang di https://probolinggokab.go.id dengan judul : Pemkab Gelar Pelatihan Untuk Pelatih Emo Demo Tema-4, https://probolinggokab.go.id/v4/pemkab-gelar-pelatihan-untuk-pelatih-emo-demo-tema-4/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *